KURIKULUM

SD Ekayana Ehipassiko School

Metode Pembelajaran

consectetur adipiscing elit. Phasellus aliquam sem id massa malesuada commodo. Suspendisse iaculis leo ac facilisis suscipit. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Quisque pharetra turpis ac sapien fringilla, rutrum convallis dolor imperdiet. Praesent et pellentesque diam. Vestibulum posuere malesuada justo, ut aliquet arcu egestas a. Etiam bibendum lacus quis lacus finibus rutrum vel sed leo. Interdum et malesuada fames ac ante ipsum primis in faucibus. Phasellus eu porta velit. Nunc condimentum, lectus eu fringilla bibendum, nibh ex consequat lectus, et pretium eros ligula eu odio. Duis pulvinar, neque vitae pellentesque imperdiet, neque ex pellentesque ligula, ut tincidunt felis felis et sem. Nunc venenatis tempor felis, vel viverra mi ullamcorper vitae. Sed venenatis facilisis ipsum, eu ultricies felis luctus eget. Mauris molestie ligula interdum bibendum vehicula.

Kurikulum Sekolah Dasar Swasta Ehipassiko BSD disusun sebagai acuan bagi seluruh komponen satuan pendidikan yang ada di Sekolah Dasar Swasta Ehipassiko dalam melaksanakan program kurikulum baik akademis maupun non akademis. Selain itu dengan adanya Kurikulum 2013 ini mempersiapkan insan Indonesia untuk memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang produktif, kreatif,inovatif dan efektif, mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat , berbangsa ,bernegara dan peradaban dunia, serta seluruh stakeholder sekolah dapat mengetahui program kurikulum yang akan diselenggarakan dalam satu tahun pelajaran yaitu tahun pelajaran 2021/2022.

  1. Dari peserta didik diberitahu menuju peserta didik mencari tahu
  2. Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber
  3. Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah
  4. Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi
  5. Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu, mata pelajaran dalam pelaksanaan kurikulum 2013 menjadi komponen sistem yang terpadu
  6. Dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi
  7. Dari pembelajaran verbalisme menuju ketrampilan aplikatif
  8. Peningkatan dan keseimbangan antara ketrampilan fisikal (hardskill) dan ketrampilan mental (softskill)
  9. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaandan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat
  10. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani)
  11. Pembelajaran berlangsung di rumah, di sekolah dan di masyarakat
  12. Pembelajaran menerangkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik dan di mana saja adalah kelas
  13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi(TIK) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pembelajaran

Kurikulum Plus

Pendekatan Sadar Penuh (Mindfulness) Sebagai Pendidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Buddhistik. Selain metode Montessori (cooperative learning), model pembelajaran di Ekayana Ehipassiko School juga menerapkan pendekatan mindfulness yang merupakan pendidikan karakter Buddha berbasiskan pada nilai-nilai Dhamma Universal. Pendekatan mindfulness sebagai sebuah model pendidikan karakter, bertujuan untuk membangun dan mengembangkan kecakapan hidup (life skills) serta karakter yang Buddhistik dengan Pemahaman Tekstual dan Kontekstual melalui:

  1. Praktek Seni hidup sadar penuh (The Art of Mindful Living),
  2. Praktek etika, disiplin dan moralitas dalam agama Buddha (Buddhist Fine Manner),
  3. Pemahaman Inti Ajaran Guru Buddha (The Heart of Buddha Teaching), dan
  4. Praktek Membawa Dharma ke Masyarakat (Applied Buddhism)